IMG-LOGO
Berita

Pemberdayaan Masyarakat Dimasa Pandemi COVID-19 Berbasis Pelatihan Pembuatan Brownies Singkong

Create By 20 July 2020 1946 Views
IMG

Di masa pandemi COVID-19, Universitas Diponegoro tetap menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata. Hal ini dimanfaatkan oleh Anisa Eka Fitriyani, mahasiswa KKN TIM II Tahun 2020 Kabupaten Magelang dengan membuat program "Pemberdayaan Masyarakat Dimasa Pandemi COVID-19 Berbasis Pelatihan Pembuatan Brownies Singkong Untuk Membantu Mempercepat Pemulihan Perekonomian Warga."

Minggu, 19 Juli 2020 telah dilaksanakan program pelatihan pembuatan brownies singkong kukus di rumah Ibu Yani. Produk berupa brownies singkong dipilih karena singkong mudah ditemui di Desa Menoreh yang unggul dalam sektor pertanian, selain itu singkong harganya relatif murah. Pelatihan ini diikuti oleh 13 orang anggota dasawisma Menur Desa Menoreh dan merupakan kegiatan pengisi atau tambahan dalam pertemuan rutin dasawisma tersebut. Pelatihan ini diawali dengan pembagian resep brownies singkong kukus kemudian dilanjutkan dengan demo pembuatan brownies singkong mulai dari membuat adonan hingga matang. Ibu-ibu peserta pelatihan sangat antusias dengan kegiatan ini. Setelah selesai pelatihan, kegiatan dilanjutkan dengan agenda rutin Dasawisma Menur.

Setelah diadakan pelatihan ini diharapkan peserta memiliki skill membuat brownies singkong yang nantinya brownies ini dapat dijual, sehingga dapat menambah pemasukan bagi warga untuk membantu mempercepat pemulihan perekonomian warga akibat pandemi COVID-19.

Video pelaksanaan program dapat dilihat di: https://youtu.be/Fcw-XuYEZA8 


Penulis : Wahyu Annisa Lestari & Anisa Eka Fitriyani